Jurnal Pendidikan Optimal Vol. 4, No. 3, Th. 2019

Jurnal Pendidikan Optimal Vol. 4, No. 3, Th. 2019

File PDF jurnal lengkap dapat dilihat di akhir artikel.

----------

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT RINGKASAN DARI TEKS YANG DIBACA ATAU YANG DIDENGAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING COMMUNITY PADA SISWA KELAS VI SDN JOHO 02 KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

ENDANG SETYABUDI, S.Pd.
SDN Joho 02, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif model Learning Community pada siswa kelas VI SDN Joho 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Meode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata kemampuan mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman, teks berita, slogan/poster, yang dihasilkan pada siklus I 62.76 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 69.08, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 77.76. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I baru mencapai 39.47% dan pada siklus II mencapai 65.79%, dapa pada siklus III sudah mencapai 97.37%. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa: Model pembelajaran learning community dapat meningkatan kemampuan membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar siswa kelas VI SDN Joho 02 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: membuat ringkasan, pembelajaran kooperatif, model Learning Community 

----------

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKn DENGAN STRATEGI BELAJAR MNEMONICS SISWA KELAS VI SDN KETANDAN 01, DAGANGAN, KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

SUTOPO, S.Pd.
SDN Ketandan 01, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKn standart kompetensi menghargai perkembangan wilayah Indonesia, kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara, dengan Strategi Belajar Mnemonics Siswa Kelas VI SDN Ketandan 01 Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu menggunakan rumus mean atau rata-rata. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa sebelum diadakan penelitian motivasi dan prestasi belajar PPKn 58,00 dan 60,00 sedangkan hasil Siklus I motivasi dan prestasi belajar 67,24 dan 68,21, siklus II adalah 74,74 dan 79,64 serta siklus III adalah 79,87 dan 87,50.

Kata kunci: prestasi belajar PKn, menghargai perkembangan wilayah, strategi Belajar Mnemonics 

----------

PENGGUNAAN METODE QUESTIONERY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR PAI MATERI TATACARA PUASA PADA SISWA KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 KAWEDANAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017 

ATIK SULISTYANINGSIH, S.Ag.
SMP Negeri 2 Kawedanan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan prestasi dan aktivitas belajar menggunakan metode Questionery (Tanya Jawab) adalah suatu cara untuk menyajikan bahan pelajaran dalam bentuk pertanyaan dari guru yang harus dijawab oleh siswa atau sebaliknya pertanyaan dari siswa yang harus dijawab oleh guru, baik secara lisan atau tertulis. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-A semester I di SMP Negeri 2 Kawedanan Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam pembelajaran PAI. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu mulai bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober 2016. Dari hasil penelitian, prestasi belajar siswa (hasil tes belajar) dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan Metode Questionery menunjukkan prestasi belajar yang meningkat dari setiap siklusnya. siklus I nilai ketuntasan 50%, meningkat pada siklus II menjadi 90,90%. Peningkatkan aktivitas belajar pada siklus I 63,63%, meningkat pada siklus II menjadi 81,82%. Hal ini menandakan keberhasilan dalam meningkatan prestasi dan aktivitas belajar pada siswa Kelas VIII-A semester I di SMP Negeri 2 Kawedanan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan hasil ini dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil.

Kata Kunci: metode questionery, meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar PAI 

----------

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKN PERSATUAN DALAM KERAGAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE MIMPI GILIR BINTANG DI KELAS IX E SMPN 1 KRATON KABUPATEN PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dra. ANTENG RAHAYU
SMP Negeri 1 Kraton, Kabupaten Pasuruan

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran mimpi gilir bintang secara maksimal pada mata pelajaran PPKn kompetensi dasar persatuan dalam keberagaman di kelas IX E SMP Negeri 1 Kraton Tahun Pelajaran 2018/2019. Setting atau lokasi PTK ini adalah SMP Negeri 1 Kraton Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan Kelas IX E Semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 24 orang. Penerapan metode mimpi gilir bintang pada PTK ini terbagi menjadi 3 siklus .Peningkatan hasil belajar peserta didik diukur dari ulangan yang dilaksanakan pada setiap akhir siklus. Adapun peningkatan hasil belajar sebagai berikut: pada siklus I rata-rata hasil belajar70,83 dengan ketuntasan 58,33%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar 74,38 dengan ketuntasan 87,5% maka mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 3,55 atau 4,77% dengan peningkatan ketuntasan 29,17%. Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata hasil belajar 80,83 dengan ketuntasan 91,67% maka dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 6,45 atau 7,98% dengan peningkatan ketuntasan sebesar 4,17%. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode mimpi gilir bintang pada mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata Kunci: Metode Gilir Bintang, Mind Mapping 

----------

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM MEMAHAMI KONSEP GEOMETRI DAN PENGUKURAN DENGAN PEMBELAJARAN FRIEND GIVING SISWA KELAS VI SDN NGRANGET KEC. DAGANGAN KAB. MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

MISTINI, S.Pd.SD.
SDN Ngranget, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian kelas (PTK) ini untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran dengan pembelajaran friend giving siswa kelas VI SDN Ngranget Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakah model penelitian tindakan kelas. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevialuasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observiasi (obseviing), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara deskriptif dengan menyertakan nilai hasil tes dan pengamatan sebagai bahan pertimangan. Hasil tes pada siklus I nilai rata-rata 76,62 dan pada siklus II naik menjadi 88,00. Dari hasil pengamatan siswa dan guru cenderung lebih baik setiap siklus, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep geometri dan pengukuran dengan pembelajaran friend giving siswa kelas VI SDN Ngranget Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: geometri dan pengukuran, pembelajaran friend giving 

----------

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN METODE SINEKTIF SISWA KELAS III SDN KRADINAN 03 KECAMATAN DOLOPO KABUPATEN MADIUN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

PAIMUN, S.Pd.
SDN Kradinan 03 Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode sinektik dalam meningkatkan prestasi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya kemampuan pemahaman puisi pada siswa kelas III SDN Kradinan 03 Dolopo Madiun Tahun pelajaran 2018/2019?. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas III SDN Kradinan 03 Dolopo Madiun Tahun pelajaran 2018/2019 dalam pembelajaran puisi dengan metode sinektik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dan dianalisis dengan menggunakan rumus mean (rata-rata). Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman puisi yang dihasilkan pada siklus I 60,36, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 66,07, dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 74,64. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa: Ada peningkatan kemampuan pembelajaran puisi dengan metode sinektik pada siswa kelas III SDN Kradinan 03 Dolopo Madiun Tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: pembelajaran puisi dan metode sinetik 

----------

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR TEMATIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BULUPITU GONDANGLEGI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SUGIANTO, S.Pd.
SD Negeri Bulupitu, Kec. Gondanglegi, Kab. Malang

Abstrak: Tujuan peneliti ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran mind mapping sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Melalui penerapan model pembelajaran mind mapping ini, siswa diajak untuk menuangkan ide dan pikirannya secara bebas dalam bentuk peta pikiran. Pembelajaran Tematik pada penelitian ini difokuskan pada Tema 7, Sub Tema 1, Pembelajaran 1, dimana mata pelajaran yang diintegrasikan adalah IPA dengan pokok bahasan tentang Sifat-Sifat Benda Padat, Cair, dan Gas; Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan tentang Penggunaan Kosakata Baku dalam Bentuk Teks Peristiwa; dan IPS dengan pokok bahasan tentang Latar Belakang Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa di Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa prestasi belajar siswa Kelas V SD Negeri Bulupitu Gondanglegi mengalami peningkatan setelah guru menerapkan model pembelajaran mind mapping, hal ini ditandai dengan semakin meningkatkan jumlah siswa yang tuntas belajar dari Siklus I ke Siklus II. Jika pada pelaksanaan Siklus I, siswa yang berada dalam kategori "tuntas" masih sebanyak 5 anak, maka pada pelaksanaan Siklus II sudah meningkat menjadi 14 anak, bahkan tidak ada satu siswa pun yang memperoleh nilai di bawah 70.

Kata Kunci: peningkatan, prestasi belajar, mind mapping 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM MENYUSUN PROPOSAL PTK MELALUI PEMBIMBINGAN KELOMPOK DAN INDIVIDU PADA GURU SMA SEKOLAH BINAAN KABUPATEN PASURUAN 

SUJONO, S.Pd., M.Pd.
Pengawas SMA, Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Pasuruan

Abstrak: Penelitian ini bertujuaan untuk mendeskripsikan pembimbingan individu dan kelompok dalam meningkatkan profesionalisme guru menulis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian tindakan sekolah pada sekolah binaan. Subjek penelitian ini adalah guru matapelajaran di sekolah binaan yang berjumlah tujuh (7) orang. Setelah dilakukan pembimbingan melalui dua kali pertemuan tatap muka dan selebihnya melalui nontatap muka, diperoleh simpulan (1) Data penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta bimbingan dalam mengikuti pembimbingan mengalami peningkatan kualitas, dari 76,79% (baik) menjadi 86,54% (sangat baik). (2) Dari data hasil kerja terjadi peningkatan hasil penyusunan proposal PTK peserta bimbingan dari siklus 1 ke siklus 2, yakni dari nilai rata 25,71 dalam kategori kurang menjadi 72,96 dalam kategori baik.

Kata kunci: PTK, proposal PTK, pembimbingan, teknik individu, teknik kelompok 

----------

PEMAKSIMALAN TEKNIL PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELOMPOK B PADA TK DHARMA WANITA NGUNTORONADI TAHUN AJARAN 2017/2018 

SUJILAH, S.Pd.
TK Dharma Wanita Nguntoronadi, Kec. Nguntoronadoi, Kab. Magetan

Abstrak: Karya tulis ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik portofolio dalam mendukung penilaian pembelajaran pada siswa kelompok B TK Dharma Wanita Nguntoronadi, Kec Nguntoronadi, Kab Magetan.dengan Jumlah anak 16 anak usia 5-6 tahun. Anak kelompok usia 5-6 tahun membutuhkan perhatian khusus. Oleh karena itu prose3s pembeljaran terhadap mereka juga memerlukan teknik yang menarik. Siswa perlu banyak dilibatkan dalam proses belajar dan teknik penilaian yang autentik. Guru perlu meningkatkan penggunaan teknik portofolio dalam menilai perkembangan anak dalam proses kegiatan pembelajaran pada TK Dharma Wanita Nguntoronadi Kec Nguntoronadi Penilaian seperti ini akan efektif karena dalam melakukan penilaian ini jika gurut mengetahui setiap tahapan perkembangan anak dan menyiapkan perangkat penilaian yang bagus dan lengkap.

Kata Kunci: teknik portofolio, penilaian pembelajaran, siswa kelompok B, TK 

----------

MENINGKATKAN BAHASA LISAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK DIDIK PADA TK DW SAWOJAJAR KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN 

ASPINGATUN, S.Pd.
TK Dharma Wanita, Sawojajar, Kec Takeran, Kab Magetan

Abstrak: Karya tulis ini bertujuan mendeskripsiikan kegiatan bercerita dalam memberikan kontribusi dalam meningkatkan ketrampilan berbahasa lisan pada anak usia dini TK Dharma Wanita Sawojajar, Kel Takeran, Kab. Magetan. Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak dengan membawakan cerita kepada anak secara lisan. Dunia anak itu berkaitan dengan lingkungan keluarga, sekolah dan luar sekolah. Kegiatan bercerita harus diusahan menjadi pengalaman bagi anak di Taman Kanak kanak yang bersifat unik dan menarik yang menggambarkan perasaan anak dan memotivasi anak untuk mengikuti cerita sampai tuntas. Dalam rangka menguatkan bahasa lisan anak, maka (1) Guru menyiapkan rencana kegiatan yang matang. (2) Guru menyiapkan media cerita yang menarik. (3) Guru menyiapkan lembar pengatan atau penilaian. (4) Guru bercerita dengan alat peraga. (5) Guru menyiapkan beberapa pertanyaan untuk melatih bahasa lisan anak. (6) Guru meminta beberapa siswa menjawab pertanyaan yang sama.

Kata Kunci: bahasa lisan,anak didik, metode bercerita 

----------

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI MENGENALI GEJALA SOSIAL DI MASYARAKAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI PAD KELAS X.IIS.1 SEMESTER SATU SMA NEGERI 1 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

Drs. SUPONO, M.Si.
SMA Negeri 1 Magetan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan minat dan hasil belajar mata pelajaran Sosiologi mengenali gejala sosial di masyarakat melalui model pembelajaran Inquiri pada siswa siswa kelas X.IIS.1 di SMA Negeri 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X.IIS.1 di SMA Negeri 1 Magetan tahun 2018-2019 yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) Tingkat minat siswa pada siklus 1 ada 20 siswa (62,5%) dan pada siklus II mencapai 27 siswa (84,37%). (2) Hasil belajar siswa dengan nilai ratarata 77,186 pada Siklus I meningkat menjadi 83,68 pada Siklus II. Sedang siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak pada siklus I sebanyak 40,63% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II.

Kata Kunci: model inquiri, minat dan prestasi belajar, sosiologi gejala sosial 

----------

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TERHADAP KONSEP ALAT PENCERNAAN MANUSIA BERUPA BAGAN SKEMATIK MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 BATURSARI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

SUJARWO, S.Pd. MM.Pd
SD Negeri 1 Batursari, Kec. Sapuran, Kab. Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap Bagan Skematik Alat Pencernaan Manusia pada peserta didik kelas V SD Negeri 1 Batursari Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan Metode Jigsaw. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam bentuk proses pengkajian berdaur spiral dalam 4 tahap, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati (observasi), dan merefleksi. Dalam penelitian ini, proses pengkajian dilakukan secara bersiklus dengan tahapan setiap siklus sama tetapi dilakukan perombakan/perbaikan terhadap perencanaan maupun tindakan pada siklus-siklus berikutnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi/partisipasi aktif selama proses pembelajaran secara signifikan; dari kondisi awal sebesar 56,7% menjadi 73,3% pada siklus I, dan menjadi 83,3% pada siklus II. Sedangkan pada pemahaman/prestasi belajar siswa terhadap konsep (ketuntasan belajar) juga terjadi peningkatan signifikan, yakni dari kondisi awal mencapai ketuntasan belajar 60,0% menjadi 70,0% pada siklus I, dan menjadi 86,7% pada siklus II.

Kata kunci: alat pencernaan manusia, media bagan skematik, metode jigsaw

----------

Bagi anda yang ingin mengunduh atau download soft copy (file) jurnal ataupun memesan jurnal (cetak) silahkan hubungi kontak kami. Bagi anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.

Klik ikon pada bagian pojok kanan atas file pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).


Bagikan

Previous
Next Post »