Jurnal Prospektif Pendidikan Vol. 4, No. 3, Th. 2019

Jurnal Prospektif Pendidikan Vol. 4, No. 3, Th. 2019

File PDF jurnal lengkap dapat dilihat di akhir artikel.

----------

MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU FIQIH TINGKAT MA WILAYAH KKM MAN1PARIGI DALAM MENYUSUN RPP DAN MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TUTOR SEJAWAT 

IBRAHIM, S.Ag., M.M.
Pengawas Madrasah Kementerian Agama, Kab. Parigi Moutong, Prov. Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini berangkat dari hasil supervisi tentang adanya permasalahan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) belum memadai (baru mencapai 58,80%. Demikian juga kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran baru mencapai 58,82%. Kondisi devisit kompetensi guru yang cukup tinggi ini (41,20% dan 41,18%) merupakan kebutuhan guru akan pelayanan dari pengawas madrasah selaku supervisor dalam memberikan penilaian dan masukan terhadap keterampilan guru dalam menyusun dan mengimplementasikan RPP. Tujuan penelitian tindakan kepengawasan ini untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun dan mengimplementasikan RPP. Subjek penelitian ini adalah 10 guru Fiqih tingkat madrasah Aliyah wilayah binaan penulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan panduan wawarcara. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan guru dalam menyusun dan mengimplementasikan RPP. Pada Siklus I, meskipun belum tuntas (kriteria PTKp berhasil jika terjadi peningkatan kompetensi guru ≥30%), namun terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP sebesar 25,17% dan peningkatan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran sebesar 26,60%. Pada Siklus II peningkatan kompetensi guru sudah tuntas, hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPP sebesar 26,90% dan peningkatan kompetensi dalam melaksanakan pembelajaran sebesar 28,75%.

Kata kunci: kompetensi guru, tutor sejawat,supervisi klinis

----------

PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR MENULIS TEKS RECOUNT MELALUI TEKNIK BERTANYA RECALL BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SATU ATAP SIGALUH SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018-2019 

DWI ASTUTI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Satu Atap Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara

Abstrak: Menulis merupakan keterampilan dasar dalam pembelajaran bahasa yang tidak kalah pentingnya dengan keterampilan berbicara, menyimak dan membaca. Menulis merupakan suatu cara dimana siswa dapat mengungkapkan idenya atau gagasannya melalui tulisan. Menulis adalah suatu kegiatan yang mendukung siswa untuk menganalisa dan mensintesis pengetahuan bahasa mereka kedalam sebuah teks. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kreativitas belajar menulis teks recount melalui teknik bertanya recall bahasa Inggris pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Satu Atap Sigaluh semester 2 tahun pelajaran 2018-2019. Berdasarkan hasil penelitian selama dua siklus didapatkan data yaitu pada siklus I dari 24 siswa terdapat 3 siswa (13%) yang mampu menulis teks recount dengan menjawab pertanyaan dengan kategori baik sekali setelah dilakukan pembelajaran dengan teknik bertanya recall, 19 siswa (79%) mampu menulis dengan baik dan 2 siswa (8%) dengan cukup. Berdasarkan data hasil penelitian siklus II dketahui bahwa dari 24 siswa terdapat 17 siswa (70,83%) menunjukkan dapat menulis teks recount dengan menjawab pertanyaan dengan baik sekali setelah dilakukan pembelajaran dengan teknik bertanya recall dan 7 siswa (29,17%) menunjukkan menulis dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan teknik bertanya recall dapat meningkatkan kreativitas belajar menulis teks recount bahasa Inggris pada siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Satu Atap Sigaluh, hal ini dibuktikan dengan persentase kreativitas siswa telah mencapai 87,5% dan indikator proses 80%. Oleh karena itu sebagai peneliti memberikan saran kepada guru mata pelajaran bahasa Inggris, bahwa dalam melaksanakan proses pembelajaran harus lebih kreatif agar materi pelajaran menjadi lebih mudah dipahami oleh siswa, sehingga hasilnya lebih berkualitas.

Kata kunci: kreativitas, teks recount, recall

----------

PENGGUNAAN METODE DISKUSI DAN TANYA JAWAB PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BERPANGKAT DAN BENTUK AKAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX C SEMESTER II SMP NEGERI 1 KEPOHBARU, BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

MUSLIMAH, S.Pd.
SMP Negeri 1 Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dan tanya jawab dalam meningkatkan minat dan hasil belajar matematika bilangan berpangkat dan bentuk akar pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro yang mana bertepatan dengan tempat peneliti melaksanakan sebagai guru mata pelajaran Matematika. Jadi sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX C semester II tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yang dimulai pada awal bulan Januari sampai akhir bulan Pebruari 2018. Hasil pengamatan pada pelaksanaan proses belajar mengajar mata pelajaran matematika diperoleh nilai ratarata hasil pembelajaran yaitu sebelum siklus penelitian diperoleh nilai rata-rata sebesar 71,95, siklus ke-1 sebesar 75,73 dengan ketuntasan 86,4% dan pada siklus terakhir atau siklus ke-2 sebesar 79,59 dengan ketuntasan 100% pada KKM 75. Hal ini menun-jukkan bahwa melalui penerapan diskusi dan tanya jawab sebagai metode pembelajaran dapat membangkitkan minat belajar siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro 2017/2018, dan dapat juga meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Matematika.

Kata kunci: metode diskusi, tanya jawab, minat dan hasil belajar matematika, bilangan berpangkat dan bentuk akar

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA “KB” KELAS V SDN GONGGANG 4 KECAMATAN PONCOL, KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MARGONO , S.Pd.
SDN Gonggang 4 Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui penggunaan alat peraga Kardus Bekas (KB) dapat meningkatkan kemampuan Lompat Jauh pada peserta didik kelas V SDN Gonggang 4 Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan tahapan-tahapan pelaksanaan meliputi; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Terjadi peningkatan kemampuan lompat jauh dari siklus I dengan rata-rata 68,46 meningkat menjadirata-rata 80,77 pada siklus2. Ketuntasan belajar dari siklus I sebesar 37,5% meningkat pada siklus 2 menjadi 87,5%. Hal ini disebabkan sistem manajemen kelas yang lebih baik serta manajemen penggunaan alat peraga “KB” yang lebih merata kepada seluruh peserta didik sehingga memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman langsung (operasional konkret) yang memungkinkan peserta didik untuk melibatkan emosi dan banyak indera sehingga minat belajar peserta didik meningkat.

Kata kunci: alat peraga Kardus Bekas (KB), kemampuan Lompat Jauh 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGAPLIKASIKAN PESAWAT SEDERHANA DENGAN PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TYPE ”THINK-PAIR-SHARE” SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOREJO 02 KEBONSARI MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

HARIYANTI, S. Pd.
SD Negeri Sidorejo 02, Kebonsari, Kab. Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model cooperative learning tipe ”Think-Pair-Share” dalam meningkatkan kemampuan belajar IPA standar kompetensi pesawat sederhana pada siswa kelas V SD Negeri Sidorejo 02 Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Hal ini terbukti bahwa Pada siklus I nilai rata-rata kelas baru mencapai 56,94 dengan tingkat ketuntasan 29,4% (5 dari 17 siswa). Pada siklus II nilai rata-rata kelas baru mencapai 56,94 dengan tingkat ketuntasan 52,9% (9 dari 17 siswa). Pada siklus III nilai rata-rata kelas baru mencapai 74,03 dengan tingkat ketuntasan 100% (17 dari 17 siswa). Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan ada peningkatan ketuntasan belajar mata pelajaran IPA pada standar kompetensi Pesawat sederhana dengan cooperative learning type ”Think-Pair-Share” siswa kelas V SD Negeri Sidorejo 02 Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : IPA, pesawat sederhana, cooperatif learning, type ”think-pair-share”,

----------

UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MENGENAL BENTUKBENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI ANSWER GALLERY SISWA KELAS V SDN BACEM KECAMATAN KEBONSARI KABUPATEN MADIUN

PARNO, S.Pd.SD.
SD Negeri Bacem, Kecamatan Kebonsari, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKN pokok bahasan mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama dengan menggunakan strategi Galery Answer pada siswa kelas V SDN Bacem Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak dialog interaktif. Proses pelaksanaan tindakan kelas melalui empat tahap dalam 3 siklus mulai dari (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan statistik deskriptif secara rata-rata dan persentase yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Pada siklus hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata kelas 76,6 dengan tingkat ketuntasan 80% (16 dari 20 siswa). Pada siklus hasil belajar siswa mencapai nilai ratarata kelas 88,8 dengan tingkat ketuntasan 90% (18 dari 20 siswa) pada KKM 70. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan peningkatan hasil belajar Pkn pokok bahasan mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama dengan menggunakan strategi Answer gallery pada siswa kelas V SDN Bacem Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama, strategi answer gallery

----------

MENINGKATKAN MENGGUNAKAN PECAHAN DALAM PEMECAHAN MASALAH DENGAN METODE PEMBELAJARAN FRIEND GIVING SISWA KELAS VI SD NEGERI TAMBAKMAS 03 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

SUYADI, S.Pd.SD.
SD Negeri Tambakmas 03, Kebonsari, Kab. Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mndeskripsikan peningkatkan kemampuan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah dengan metode pembelajaran Friend Giving siswa kelas VI SD Negeri Tambakmas 03 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I : 76 dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 89,43. Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah dengan metode pembelajaran Friend Giving siswa kelas VI SD Negeri Tambakmas 03 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : pembelajaran Friend Giving, menggunakan pecahan, dalam pemecahan masalah

----------

UPAYA MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT MELALUI PELAKSANAAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEDIA FILM EDUKASI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BARAT KABUPATEN MAGETAN 

ENDANG SETYOWATI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Barat, Kabupaten Magetan

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan adversity quotient melalui pelaksanaan bimbingan klasikal yang efektif untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Topik permasalahan yang diketengahkan dalam pelaksanaan bimbingan klasikal adalah topik-topik yang mempuyai kaitan dengan tujuan bimbingan klasikal pada penelitian adversity quotient itu sendiri. Adapun topik-topik permasalahan itu adalah topik pola pikir destruktif, topik adversity quotient, topik film edukasi dengan judul “orang cacat yang sukses”, topik film edukasi dengan judul “INSIGHT 12 SPSS Pendekatan yang digunakan yaitu penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Langkahlangkah yang ditempuh meliputi penyusunan rencana, tindakan, observasi, refleksi. Alat pengumpul data menggunakan adversity response profile. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perkembangan yang siignifikan, yang terlihat pada siklus I dari kondisi kriteria siswa yang sangat rendah 65,625% menjadi hanya 31,25% dan bertambahnya siswa yang sangat tinggi dari 3,125% menjadi 6,25%. Pada siklus II mengalami perkembangan yang signifikan, siswa yang masuk kategori sangat tinggi menjadi 41%, tinggi 50% dan sedang hanya 9%. Perkembangan tersebut terlihat dari tidak adanya kriteria siswa yang sangat rendah dan rendah.

Kata kunci: adversity quotient, bimbingan klasikal 

----------

PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENERAPKAN METODE DISKUSI DAN TANYA JAWAB POKOK BAHASAN KERJASAMA NEGARANEGARA ASIA TENGGARA MAMPU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SEMESTER II SDN ALASTUWO 1 KECAMATAN PONCOL KABUPATEN MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

SALIM, S.Pd.SD.
SD Negeri Alastuwo 1, Poncol, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan penerapan metode diskusi dan tanya jawab daalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Alastuwo 1 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Guru terlibat langsung secara penuh dalam proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata mata pelajaran PKn sebelum siklus adalah (60,67) kurang, Prestasi belajar yang dicapai oleh siswa pada siklus pertama nilai rata-rata 69,67 (cukup) dengan tingkat ketuntasan 73% pada KKM 70. Pada siklus kedua mengalami kenaikan, rata-rata kelas 71,33 dengan tingkta ketuntasan 100%. Berdasarkan nilai rata-rata siswa kelas VI SD Negeri Alastuwo 1 Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan kriteria baik. Hal ini menunjukan keberhasilan dalam pembelajaran PKn menggunakan metode diskusi dan tanya jawab.

Kata kunci: metode diskusi dan tanya jawab, aktivitas dan hasil belajar, PKn, kerja sama Negara Asia Tenggara 

----------

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA TENTANG SALING KETERGANTUNGAN EKOSISTEM PADA SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 TAKERAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

SUHARSINI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Takeran, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar IPA tentang saling ketergantungan ekosistem pada melalui penerapan pembelajaran bermain peran pada siswa kelas VII-B SMP Negeri 1 Takeran Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam peningkatan pemahaman pembelajaran tersebut digunakan tindakan berulang atau siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleks, yang diikuti siklus berikutnya. Pada penelitian tindakan dalam maksimal 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran bermain peran pada mata pelajaran IPA tentang ekosistem dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPA siswa kelas VII-BI SMP Negeri 1 Takeran Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada Siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 67,30 dengan tingkat ketuntasan 71,8% pada KKM 70. Adapun tingkat akktivitas belajar mencapai skor 2,9 pada skor maksimal 4 atau pada tingkat 72% (pada kategori aktif). Pada Siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 84, dengan tingkat ketuntasan 93,75% pada KKM 70. Adapun tingkat aktivitas belajar mencapai skor 3,3 pada skor maksimal 4 atau pada tingkat 83% (pada kategori sangat aktif).

Kata kunci: motivasi dan prestasi belajar, IPA, ekosistem, bermain peran 

----------

PENERAPAN KIT TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS I SD NEGERI WONOLELO, KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019

TRI WINARNI, S.Pd
SD Negeri Wonolelo, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis kalimat sederhana pada siswa kelas I SD Negeri Wonolelo melalui penggunaan KIT Tematik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan dilaksanakan dari bulan Pebruari sampai bulan Mei 2019. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan kegiatan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KIT Tematik efektif digunakan dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran membaca dan menulis siswa kelas I SD Negeri Wonolelo dan membantu kesulitan guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian tujuan sesuai indikator, yaitu KIT Tematik efektif digunakan dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran calistung. Pada prasiklus nilai rata-rata mencapai 68 dengan tingkat ketuntasan 60% (15 dari 25 siswa) pada KKM 70. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 78,8 dengan tingkat ketuntasan 96% (24 dari 25 siswa) pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 83,2 dengan tingkat ketuntasan 100% (25 dari 25 siswa) pada KKM 70. Dari data tersebut diperoleh informasi bahwa terjadi peningkatan

Kata kunci: membaca dan menulis kalimat sederhana, penggunaan KIT Tematik.

----------

MEDIA PERMAINAN SCRABBLE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS X SOS 2 SMA NEGERI BINAAN KHUSUS KOTA DUMAI SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018 

Drs. EDI PRAYITNO
SMA Negeri Binaan Khusus, Kota Dumai, Provinsi Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui media permainan srabble sehingga siswa bisa memahami wacana Bahasa Inggris dengan baik. yang nantinya diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas X SOS 2 semester I SMA Negeri Binaan Khusus Kota Dumai Tahun Pelajaran 2017 / 2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang yang terdiri atas beberapa tahapan, yaitu planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum dilakukan perbaikan nilai rata-rata mencapai 61 dengan ketuntasan sebesar 28% (9 siswa) saja. Setelah dilakukan perbaikan dengan permaianan scrabble ketuntasan individu siswa dapat ditingkatkan menjadi nilai rata-rata 78 dengan tingkat ketuntasan 66% (21 dari 32 siswa). Dan terjadi peningkatan pada siklus II nilairata-rata 82 dengan ketuntasan 94% (30 dari 32 siswa). Hal ini berarti mengalami peningkatan sebesar 28% jika dibandingkan dengan ketuntasan individu siklus I.

Kata kunci: permainan scrabble, kosa kata, Bahasa Inggris

----------

Bagi anda yang ingin mengunduh atau download soft copy (file) jurnal ataupun memesan jurnal (cetak) silahkan hubungi kontak kami. Bagi anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.

Klik ikon pada bagian pojok kanan atas file pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).


Bagikan

Previous
Next Post »