Jurnal Ekspresi Pendidikan Vol. 5, No. 4, Th. 2019

Jurnal Ekspresi Pendidikan Vol. 5, No. 4, Th. 2019

File PDF jurnal lengkap dapat dilihat di akhir artikel.

----------

TANGGAPAN MASYARAKAT PANTAI LICIN SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DI DESA LEBAKHARJO KECAMATAN AMPELGADING, MALANG 

Dra. KARTINI
SMA Negeri 3 Magetan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Sektor pariwisata Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu andalan untuk meningkatkan perekonomian. Provinsi Jawa Timur mulai mencoba memperkenalkan progam Visit East Java untuk memperkenalkan objek wisata yang berada di Jawa Timur. Kabupaten Malang merupakan salah satu kabupaten yang mengikuti program Visit East. Pantai Licin termasuk dalam kategori pantai yang akan dikembangkan oleh pemerintah kabupaten. Penelitian ini bermanfaat untuk (1) informasi untuk mendukung perencanaan pengembangan objek wisata Pantai Licin (2) informasi tentang adanya potensi pantai yang belum dikembangkan dan diharapkan adanya partisipasi masyarakat dalam mendukung pengembangan objek wisata Pantai Licin. Jenis penelitian ini adalah survei. Subyek penelitian ini adalah masyarakat Pantai Licin. Data tanggapan digunakan untuk mengetahui kesiapan masyarakat apabila Pantai Licin dijadikan sebagai objek wisata. Populasi penelitian sebanyak 30 orang. Analisis data menggunakan statistik deskriptif, yaitu scoring dan tabulasi. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kondisi non-fisik yang meliputi tanggapan masyarakat tergolong setuju apabila Pantai Licin dijadikan sebagai objek wisata.

Kata Kunci: Tanggapan, Pantai Licin. 

----------

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAMI TEMA "MAY­ I PICK THE FLOWERS" DALAM PEMBELAJARAN BAHASA LNGGRIS MELALUI METODE LITERACY DI KELAS VIII B SMP NEGERI I KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2014/2015 

KATENI, S.Pd.
SMP Negeri I Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro

Abstrak: Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar bahasa lnggris tema "May-I Pick The Flowers" melalui metode Literacy pada siswa kelas VIII B di SMP Negeri l Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 1 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro kelas VIII B Semester 2 tahun pelajaran 2014/2015, dirnana peneliti melaksanakan tugas sebagai guru bahasa lnggris. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata­rata kelas mencapai 63,6 dengan tingkat ketuntasan 57,7% pada KKM 70. Pada siklus II nilai ratarata kelas mencapai 71,3 dengan tingkat ketuntasan 84% pada KKM 70. Pada siklus III nilai rata­rata kelas mencapai 83,9 dengan tingkat ketuntasan 100% pada KKM 70.

Kata kunci: prestasi belajar, bahasa lnggris, "May-I Pick The Flowers", metode Literacy 

----------

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS V SDN RANDUALAS 01 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 

ADI MULJARSO, S.Pd, M.Pd.
SDN Randualas 01, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mnedeskripsikan peningkatan prestasi belajar PKN melalui pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation siswa Kelas V SDN Randualas 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan, di Kelas V SDN Randualas 01 Kabupaten Madiun yang dilakukan dalam dua siklus didapatkan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 69,57 dan ketuntasan belajar baru mencapai 69,57%, pada siklus II nilai rata-rata mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 78,26 dan ketuntasan belajar mencapai 86,96%, maka dapat diambil kesimpulan melalui pembelajaran kooperatif dengan metode Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar PKN siswa Kelas V SDN Randualas 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Prestasi belajar PKn, Pembelajaran kooperatif Type Group Investigation 

----------

PENINGKATAN DISIPLIN GURU SEBAGAI BUDAYA SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN REWARD AND PUNISHMENT DI SD NEGERI 2 GEMBLENGAN KECAMATAN GARUNG KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

WAHYUTI, S.Pd.SD.
SD Negeri 2 Gemblengan Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam kehadiran di kelas melalui reward and punishment.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Gemblengan pada semester 2 Tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan (Februari s/d April). Subjek penelitian adalah 7 guru yang terdiri dari 5 guru PNS dan 2 Guru Wiyata. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan guru yang sangat signifikan. Pada awal sebelum penelitian guru yang datang tidak lebih dari 5 menit setelah bel berbunyi hanya ada 2 guru (28,6) kemudian setelah melalui penerapan Reward and Punishment pada siklus I meningkat menjadi 3 guru (42,8%), dan pada siklus II 7 (100%) guru bisa datang tidak terlambat atau datang tidak lebih dari 5 menit setelah bel berbunyi. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran dikelas pada kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan dengan penerapan Reward and Punishment kepada guru.

Kata Kunci: Disiplin Guru, Reward and Punishment 

----------

IMPLEMENTASI BAHASA INDONESIA DALAM RAGAM BAHASA ILMIAH 

Dra. ASMINI
SMA Negeri 3 Magetan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan pembahasan ini untuk mendeskripsikan bahasa Indonesia ragam ilmiah yang merupakan ragam standar untuk digunakan dalam konteks atau forum ilmiah. Bahasa Indonesia mengenal berbagai ragam, yakni ragam umum, ragam jurnalistik, ragam ilmiah, ragam sastra, dan sebagainya. Memang akhir-akhir ini, beberapa jurnal ilmiah mulai menerbitkan artikel yang dipopkan dengan gaya semi formal. Akan tetapi, kesan yang timbul adalah karya itu menjadi karya ilmiah populer. Dalam konteks dan forum ilmiah, maka sesorang akan bijak jika menggunakan bahasa Indonesia ragam ilmiah. Ia paham memilih kata yang baku, ia paham menggunakan kalimat dengan struktur yang jelas, ia juga paham mengungkapkan maksud dengan lugas. Ciri-ciri bahasa Indonesia ragam ilmiah dapat diringkaskan menjadi beberapa ciri saja, yakni (a) lugas, eksak, tidak samar dan tidak taksa, (b) objektif, (c) istilah yang digunakan bersifat monosemantis dan bebas konteks, (d) baku, dan (e) taat asas.

Kata kunci: bahasa Indonesia ragam ilmiah, konteks atau forum ilmiah 

----------

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KONSEP IMPULS DAN MOMENTUM UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH TUMBUKAN DI KELAS X MM-1 SMK NEGERI 1 MOJOANYAR TAHUN PELAJARAN 2016/2017 

Drs. AGUS SUSILO, M.M.
SMK Negeri 1 Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto

Abstrak: Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika kelas X MM-1 SMK Negeri 1 Mojoanyar Kabupaten Mojokerto tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau tindakan yang dilakukan oleh guru atau pelaku, mulai dari perencanaan sampai dengan penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar mengajar untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yang cukup baik. Peningkatan terjadi pada setiap komponen aktivitas siswa dalam belajar. Rata-rata aktivitas siklus I mencapai 61,2 dalam kategori cukup. Pada siklus II rata-rata aktivitas mencapai 77,6 pada kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa penerapan Problem Based learning (PBL) berdampak baik dan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran berbasis masalah/PBL meningkat cukup tinggi, yaitu rata-rata pada pretest sebesar 62 meningkat pada tes formatif siklus I sebesar 75 dengan ketuntasan belajar kelasnya sebesar 64,7% dan kemudian meningkat menjadi 82 pada siklus II dengan ketuntasan belajar kelas sebesar 91,2%. Pada siklus II telah tercapai ketuntasan belajar secara klasikal yaitu sudah mencapai 80%.

Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), aktivitas dan hasil belajar siswa. pelajaran fisika 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS SISWA KELAS II SDN DURENAN 04, GEMARANG, KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

SUJARWATI, S.Pd.
SD Negeri Durenan 04, Kecamatan Gemarang Kabupaten Madiun

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis puisi melalui teknik pembelajaran di luar kelas siswa kelas II SDN Durenan 04 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap sikjlus melalui empat tahap mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan statistik deskriptif secara rata-rata dan persentase yaitu dengan menginventarisasi dan memadukan seluruh informasi yang diperoleh dari tiap siklus. Dari hasil penilaian dan pengamatan siswa dan guru cenderung lebih baik setiap siklus, dengan rata-rata pada siklus I sebesar 67,00, dan pada siklus II meningkat menjadi 77,38. Maka dapat disimpulkan bahwa; ada peningkatan kemampuan menulis puisi melalui teknik pembelajaran di luar kelas siswa kelas II SDN Durenan 04 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: kemampuan menulis puisi, pembelajaran di luar kelas 

----------

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERBANKAN SYARIAH DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN BALIKAN PADA SISWA KELAS XII AK-2 SMK NEGERI 1 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 

Dra. HARYATUN, M.M.
SMK Negeri 1 Magetan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran kompetensi standar Akuntansi Perbankan Syariah melalui penerapan metode Pemberian Balikan pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK2 SMK Negeri 1 Magetan pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh dari hasil tes dan hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I, siklus II dan siklus III. Dari hasil analisis terhadap data tersebut, diketahui bahwa kompetensi siswa yang ditunjukkan dengan nilai tertinggi, nilai terendah, nilai rerata kelas, dan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai dari 74,36% pada siklus I menjadi 87,18% pada siklus II atau meningkat sebanyak 12,81% dan menjadi 100% pada siklus III meningkat 12,82 dari siklus II. Motivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan kurang baik meningkat pada siklus II menjadi cukup baik dan meningkat menjadi baik pada siklus III. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode pemberian balikan dapat meningkatkan kompetensi dan motivasi siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran Akuntansi Perbankan Syariah pada siswa kelas XII AK-2 SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: metode pemberian balikan, Akuntansi Perbankan Syariah 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGIDENTIFIKASI HUBUNGAN ANTARA STRUKTUR ORGAN TUBUH MANUSIA DENGAN FUNGSINYA MELALUI PEMBELAJARAN TIME TOKEN SISWA KELAS IV SDN SUMBEREJO 02 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 

SUKAMTO, S.Pd.
SD Negeri Sumberejo 02, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan peneliti ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Time Token dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya pada siswa Kelas IV SDN Sumberejo 02 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2016/2017. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian penelitian tindakan (action research). Dengan perkataan lain penerapan penelitian tindakan di dalam kelas diharapkan mampu mendorong guru untuk memiliki kesadaran diri melakukan refleksi dan kritik diri terhadap aktivitas pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti dibantu teman sejawat yang meliputi siswa dan hasil belajarnya menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata 69,09 dengan tingkat ketuntasan 72,73% pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata 75,45 dengan tingkat ketuntasan 90,91% pada KKM 70.

Kata Kunci: pembelajaran Time Token, struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya 

----------

UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DALAM MENGOPERASIKAN PAKET PROGRAM PENGOLAH ANGKA DENGAN METODE SIMULASI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 

Dra. WIWIK WIDYASTUTI
SMK Negeri 1 Magetan, Kab. Magetan

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode simulasi dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dalam belajar komputer akuntansi (spreadsheet) pada siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015 serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas guru dalam menerapkan metode simulasi. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) pengamatan (4) refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI akuntansi 1 SMK Negeri 1 Magetan tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh dari hasil tes dan hasil pengamatan yang dilakukan pada siklus I setelah diterapkannya metode simulasi menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar secara klasikal untuk KI-3 adalah 74% (28 siswa) dan KI-4 adalah 84% (32 siswa). Setelah diadakan perbaikan pada siklus II ada kenaikan 100%, ditunjukan dari ketuntasan belajar secara klasikal untuk KI-3 adalah 38 siswa dan KI-4 adalah 38 siswa. Aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan dari kategori baik pada siklus I menjadi kategori amat baik pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah metode simulasi dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan aktivitas belajar siswa kelas XI SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015. Demikian pula aktivitas guru juga meningkat dengan diterapkannya metode simulasi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Magetan Tahun Pelajaran 2014/2015.

Kata kunci: mengoperasikan, program pengolah angka, metode simulasi 

----------

PEMBIMBINGAN DAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI ANAK, MUTIARA HATI KECAMATAN MEJAYAN KABUPATEN MADIUN TAHUN AJARAN 2018/2019 

Drs. DAIMUS SHOLEH
KB Mutiara Hati Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan untuk penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah cara pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri dan dampak yang ditimbulkan pada anak kelompok usia 4-5 tahun di KB Mutiara Hati Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. .Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tempat penelitian di KB Mutiara Hati Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun dengan jumlah 15 siswa. Teknik analisa data dengan cara analisis temuan, pengelompokkan data dan evaluasi kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu 1) Penerapan metode sentra pada kelompok usia 4-5 tahun di KB Mutiara Hati Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun sudah sesuai dengan prosedur. Dalam pelaksanaannya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan pengamatan, menggali informasi dari pengamatannya, menggambarkan hasil pengamatannya, mempresentasikan hasil dari pengamatan kepada guru dan menjawab pertanyaan yang dimunculkan guru. 2) Dampak yang ditimbulkan, anak semakin mandiri, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri serta kreatif dalam berpikir karena anak dapat menggali pengalamannya sendiri.

Kata Kunci: metode inkuiri, percaya diri, PAUD 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJELASKAN KEWAJIBAN ZAKAT MELALUI PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS VI SDN DURENAN 03 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2016/2017 

SUWANDI, S.Pd.I.
SD Negeri Durenan 03, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menjelaskan kewajiban zakat melalui pembelajaran Time Token siswa kelas VI SDN Durenan 03 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahaptahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas belajar siswa yang meliputi aspek (1) memperhatikan/mendengarkan penjelasan guru, (2) mengerjakan tugas, (3) diskusi antar teman, (4) mengumpulkan tugas, (5) keberanian berpendapat. Pada siklus I mencapai skor rerata 2,4 pada skor maksimal 4 atau pada tingkat 60% dengan kategori cukup. Pada siklus II mencapai skor rerata 3,1 pada skor maksimal 4 atau pada tingkat 77,5% dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 70 dengan tingkat ketuntasan 72,73% pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 79.09 dengan tingkat ketuntasan 90,91% pada KKM 70.

Kata Kunci: kemampuan menjelaskan kewajiban zakat, Time Token

----------

Bagi anda yang ingin mengunduh atau download soft copy (file) jurnal ataupun memesan jurnal (cetak) silahkan hubungi kontak kami. Bagi anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.

Klik ikon pada bagian pojok kanan atas file pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).


Bagikan

Previous
Next Post »