Jurnal Pendidikan Global Vol. 5, No. 3, Th. 2019

Jurnal Pendidikan Global Vol. 5, No. 3, Th. 2019

File PDF jurnal lengkap dapat dilihat di akhir artikel.

----------

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN TEMA HIBURAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 54 SENGGORO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

YUSNIMAR, S.Pd.SD.
SD Negeri 54 Senggoro, Kec. Bengkalis, Kab. Bengkalis

Abstrak: Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa pembelajaran PKN mengalami berbagai hambatan. Hambatan tersebut berasal dari siswa yang kurang berminat terhadap pembelajaran PKN. Dikarnakan guru kurang mampu dalam menerapkan dan memilih model pembelajaran yang inovatif dan variatif sehingga proses pembelajaran yang berlangsung sangat membosankan. Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran perlu menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan prestasi siswa dalam belajar. penelitian ini bertujuan penanaman sikap berbangsa dan bernegara yang baik akan menjadi pondasi utama dari perilaku generasi dimasa yang akan datang. Dari hasil pengamatan kemampuan siswa pada pembelajaran pada saat sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas kemampuan siswa dalam belajar PKN hanya 18% setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus Inilai siswa agak sedikit meningkat nilai siswa mencapai 59%. Setelah dilakukan penelitian lagi pada siklus II nilai siswa sudah memenuhi KKM yang telah di tentukan yakni 88% . Dari hasil peneliti dalam proses perbaikan pembelajaran pada siklus II ini, peneliti merasa puas, karena hasil belajar yang diperoleh siswa sudah mencapai ketuntasan. Dengan demikian Model Pembelajaran Kooperatif dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa.

Kata Kunci: Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif 

----------

IMPLEMENTASI PENGGUNAAN METODE SIJULI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PENCEMARAN DAN KERUSAKAN PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 SUMBERREJO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

Drs. MATADJI, M.A.
SMP Negeri 1 Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi demonstration teaching dengan penerapan metode sijuli dalam meningkatkan kualitas dan hasil Pembelajaran IPA Siswa Kelas VII C SMP Negeri 1 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Ppenelitian menggunakan desain PTK. Subjek dalam penelitian ini adalah guru IPA dan siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sumberrejo tahun pelajaran 2017/2018, banyaknya siswa adalah 32 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Dari data empirik diperoleh melalui penggunaan metode Sijuli dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA, dari rendah 29% pada kondisi awal menjadi tinggi 82%. Melalui penggunaan metode Sijuli dapat meningkatkan hasil belajar IPA, dari rendah 57% pada kondisi awal menjadi tinggi 74%, pada kondisi akhir. Disimpulkan melalui penggunaan metode Sijuli dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi pokok kepadatan populasi hubungannya dengan lingkungan serta materi pokok pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktifitas manusia bagi siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Sumberrejo pada semester 2 tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: supervisi demonstration teaching, metode sijuli, kualitas dan hasil belajar IPA 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW SISWA KELAS VI SDN GOLAN 01 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

SUNARTI, S.Pd.
SD Negeri Golan 01 Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Menulis Surat Resmi pada siswa Kelas VI SDN Golan 01 Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN Golan 01 Kabupaten Madiun. Data yang diperoleh berupa hasil penilaian akhir, lembar observasi kegiatan belajar mengajar oleh observer. Melalui hasil penelitian didapat rata-rata hasil belajar sebelum siklus 64 (50%), siklus I 66 (60%), dan siklus II 75 (90%). Ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif model Jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkatan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan metode kooperatif model jigsaw Siswa Kelas VI SDN Golan 01 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: menulis surat resmi, metode kooperatif model Jigsaw 

----------

PENGGUNAAN METODE TOWN MEETING DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN IPS PROSES KEDATANGAN NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA PADA SISWA KELAS VII A SEMESTER GENAP DI SMPN 3 MAOSPATI MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

SITI JUARIYAH, S.Pd.
SMP Negeri 3 Maospati, Kabupaten Magetan

Abstrak: Dalam penelitian tindakan ini menggunakan bentuk penelitian kolaboratif dengan guru bidang studi dan di dalam proses belajar mengajar di kelas yang bertindak sebagai pengajar adalah guru bidang studi sedangkan peneliti bertindak sebagai pengamat, penanggung jawab penuh penelitian tindakan adalah pengamat (peneliti). Tujuan utama dari penelitian tindakan ini adalah meningkatkan hasil pembelajaran di kelas dimana peneliti secara penuh terlibat dalam penelitian mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII A, sedangkan sebagai sampel penelitian adalah siswa SMP Negeri 3 Maospati, Kec. Maospati Kab. Magetan yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pemberian balikan pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II yaitu pada siklus pertama nilai rata-rata 68,5 dengana ketuntasan 83,2%; pada siklus kedua nilai rata-rata 78,8 dengan ketuntasan 93,2%

Kata kunci: proses kedatangan nenek moyang bangsa indonesia, metode Town Meeting, keterampilan, IPS 

----------

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DALAM PEMAHAMAN CAHAYA DAN PERAMBATANNYA DENGAN PENDEKATAN CTL PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER 2 SMPN 2 NGARIBOYO TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

ASMINI SANTI, S.Pd.
SMP Negeri 2 Ngariboyo, Kabupaten Magetan

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar materi cahaya dan perambatannya dengan pendekatan CTL siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 2 Ngariboyo tahun pelajaran 2017/2018. Hakekat dari pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) ialah mengkaitkan materi yang dipelajari siswa dengan situasi dunia nyata, sehingga siswa dapat membuat hubungan antara pengetahuan yang diperolehnya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan demikian belajar menjadi lebih bermakna dan tercapailah apa yang kita harapkan seperti live skill, dan enjoyable learning (belajar yang menyenangkan). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ngariboyo. Sebagai obyek penelitian diambil siswa kelas VIII A dengan jumlah siswa 20 siswa, di sekolah ini guru peneliti mengajar IPA kelas VIII A semester II, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret tahun 2018. Hasil dari penelitian ini dapat penuli jabarkan rata-rata pada siklus 1 adalah: 63,81 siklus 2 adalah: 74,29 dan pada siklus 3 adalah: 86,90. Dari setiap siklus mengalami peningkatan yang positif, hal ini dapat penulis simpulkan bahwa pembelajaran dengan diterapkannya pendekatan CTL ternyata dapat meningkatkan prestasi dan pemahaman siswa kelas VIIA pada pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Ngariboyo tahun pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: pendekatan CTL, hasil belajar pemahaman cahaya dan perambatannya 

----------

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN INSTRUKSIONAL PADA SISWA KELAS IX E SMP NEGERI 2 MAOSPATI KAB. MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2018/ 2019 

SUNARTO, S.Pd.
SMP Negeri 2 Maospati Kab. Magetan

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar bahasa Inggris dengan menerapkan metode pembelajaran instruksional pada siswa kelas IX E SMP Negeri 2 Maospati Kab. Magetan tahun pelajaran 2018/ 2019. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai siswa juga untuk memperoleh respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran serta aktivitas siswa selama proses pembelajaran.Untuk menganalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap putarannya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode Instruksional pada materi pelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari siklus I, II, dan III) yaitu masing-masing 65,23%, 75,71%, dan 95,23%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai.

Kata kunci: Instruksional, pembelajaran, prestasi, bahasa Inggris 

----------

PEMBELAJARAN IPA MATERI KEMAGNETAN MELALUI INKUIRI TERBIMBING BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 SIDOREJO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RIRIN NURHAYATI, S.Pd.
SMP Negeri 1 Sidorejo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran IPA melalui Inkuiri Terbmbing berbasis eksperimen dapat peningkatan hasil belajar IPA dan untuk mendeskripsikan adanya kelebihan dan kekurangan penggunaan Inkuiri Terbimbing dalam pembelajaran IPA siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sidorejo khususnya materi Kemagnetan. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian merupakan eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatitf. Desain penelitian adalah Postest-Only Control Design. Obyek penelitian adalah siswa kelas IX.A SMP Negeri 1 Sidorejo tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, dan pengamatan (observasi). Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran kimia melalui Inkuiri Terbimbing berbasis eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX pada materi Kemagnetan. Pada siklus 1 ratarata nilai pengetahuan 73,77 menjadi 81,35, pada siklus 2, rata-rata nilai ketrampilan pada siklus 1 adalah 74,38 dan pada siklus ke-2 adalah 79,81. Pembelajaran melalui Inkuiri Terbimbing dapat terlaksana dengan baik dan dapat menumbuhkan rasa keingintahuan siswa terhadap materi kemagnetan.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, eksperimen, hasil belajar, kemagnetan 

----------

PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM) PADA GURU KELAS SD NEGERI 6 WONOSOBO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

BAMBANG SUBANDRIYO, S.Pd., MM.Pd.
SD Negeri 6 Wonosobo, Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk meningkatkan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) melalui supervisi akademik pada guru Sekolah Dasar Negeri 6 Wonosobo pada Semester 2 tahun 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 6 Wonosobo, Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo pada bulan Februari – Maret 2018. dengan subyek penelitian guru kelas I sampai kelas VI sebanyak 6 orang guru. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus 2 pertemuan.Tiap siklus merupakan langkah yang berulang dari 4 tahap yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi,dan tahap dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah teknik non tes sedang alat pengumpul data yang dilaksanakan adalah observasi dan evaluasi dengan sekala penilaian. Berdasarkan analisis hasil pengamatan dan penilaian yang dilakukan peneliti, menunjukan bahwa: supervisi akademik dapat meningkatkan pembelajaran PAKEM guru, dimana didapat hasil perolehan dengan persentase Peningkatan nilai terendah 11,9% dari 59 menjadi 67, Peningkatan nilai tertinggi 18,1% dari 68 menjadi 83, dan peningkatan rerata meningkat 9,7% dari 65 menjadi 72. pada siklus-1 , serta peningkatan nilai terendah 13% dari 67 menjadi 77 peningkatan nilai tertinggi 4,6% dari 83 menjadi 87 , dan peningkatan rerata meningkat 13,3% dari 72 menjadi 83 pada siklus II, Hasil akhir pada penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM) pada guru SD Negeri 6 Wonosobo Semester 2 tahun pelajaran 2017/2018. Kesimpulan berdasarkan data empirik sesuai dengan pengajuan hipotesis berdasarkan kajian teoritis yaitu Melalui Supervisi Akademik dapat meningkatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Guru SD Negeri 6 Wonosobo Semester 2 tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: supervisi akademik, pembelajaran PAKEM 

----------

PENINGKATAN KECEPATAN DALAM BERMAIN SEPAKBOLA MELALUAI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SDN KEPEL 01 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

BASUKI, S.Pd.
SD Negeri Kepel 01, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kecepatan dalam bermain sepak bola melalui metode demonstrasi Siswa Kelas VI SDN Kepel 01 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari dua tahap yaitu: rancangan,kegiatan dan pengamatan Refleksi dan refisi sasaran penelitian ini adalah Siswa kelas VI dari data diperoleh berupa hasil tes praktik, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisa didapat bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai keterampilan bermain sepak bola mencapai rata-rata 77,50 dengan ketuntasan 52,38%, sedangkan nilai pengetahuan mencapai ratarata 77,50 dengan ketuntasan 61,90% pada KKM 70. Pada siklus II nilai keterampilan bermain sepak bola mencapai rata-rata 84,61 dengan ketuntasan 90,48%, sedangkan nilai pengetahuan mencapai rata-rata 84,25 dengan ketuntasan 95,24% pada KKM 70. Jadi metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar belajar siswa kelas VI serta model pembelajran dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pendidikan jasmani.

Kata kunci: gerak dasar permainan bola besar (sepak bola}, metode demonstrasi 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI ADAPTASI HEWAN DAN TUMBUHAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER SISWA KELAS V SDN NAMPU 02 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

PUDJIONO, S.Pd.
SD Negeri Nampu 02, Kecamatan Gemarang, Kabupaten Madiun

Abstrak: Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together terhadap hasil belajar pelajaran IPA setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Nampu 02 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2018/2019. Data yang diperoleh berupa hasil tes evaluasi, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, yaitu siklus I sebesar 68,00 (ketuntasan belajar 70%) dan siklus II sebesar 79,00 (ketuntasan belajar 100%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas V SDN Nampu 02 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2018/2019 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran IPA.

Kata Kunci: prestasi belajar IPA, pembelajaran kooperatif, model Numbered Head Together 

----------

PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMPARAFRASE PUISI DENGAN STRATEGI COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SISWA KELAS V SDN GOLAN 01 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

SITI PAUJIAH, S.Pd.SD.
SDN Golan 01, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi objektif tentang peningkatan keterampilan memparafrase puisi pada siswa kelas V SDN Golan 01 Kabupaten Madiun dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (pelaksanaan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan belajar aktif secara langsung atau aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran, dan uji kompetensi memparafrase puisi setelah beberapa kali pertemuan pembelajaran setiap siklusnya. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif model CIRC terjadi peningkatan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (60%), dan siklus II (90%).

Kata kunci: memparafrase puisi, CIRC 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENUNJUKKAN PERILAKU DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI MELALUI PEMBELAJARAN FRIEND GIVING SISWA KELAS V SDN BODAG 01 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

NUNIK SUPRAMINI, S.Pd.
SD Negeri Bodag 01, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah: adakah peningkatan kemampuan menunjukkan perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI melalui pembelajaran Friend Giving siswa kelas V SDN Bodag 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2018/2019?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan guru lain serta dengan kepala sekolah. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I: 67.50 (ketuntasan belajar 66.67%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,33 (ketuntasan belajar 91.67%). Mengacu pada hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa: ada peningkatan kemampuan menunjukkan perilaku dalam menjaga keutuhan NKRI melalui pembelajaran Friend Giving siswa kelas V SDN Bodag 01 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: menunjukkan perilaku dalam menjaga keutuhan nkri, friend giving

----------

Bagi anda yang ingin mengunduh atau download soft copy (file) jurnal ataupun memesan jurnal (cetak) silahkan hubungi kontak kami. Bagi anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.

Klik ikon pada bagian pojok kanan atas file pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).


Bagikan

Previous
Next Post »