Jurnal Prospektif Pendidikan Vol. 4, No. 5, Th. 2019

Jurnal Prospektif Pendidikan Vol. 4, No. 5, Th. 2019

File PDF jurnal lengkap dapat dilihat di akhir artikel.

----------

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII C MTS NEGERI 1 PALU

YULIANY PANGULANGI, S.Pd., M.Pd
MTs Negeri 1 Palu, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan Group Investigation untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika materi getaran, gelombang, dan bunyi. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palu Propinsi Sulawesi Tengah dengan mengambil sampel kelas VIII C semester genap tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas belajar siswa secara individu yang diamati menunjukkan kenaikan dari siklus ke siklus. Pada siklus I keaktifan aktivitas siswa rata-rata 43,94%, pada siklus ke II terjadi peningkatan sampai 71,72% sedangkan pada siklus III mencapai 95,96%. Aktivitas siswa secara kelompok yang diamati juga terjadi kenaikan di siklus I rata-rata aktivitasnya 66% dan 84% pada siklus II sedangkan pada siklus III mencapai 93,33%. (2) Hasil belajar siswa pada siklus I ketuntasan belajar pada posisi 36,36%, pada siklus II mencapai ketuntasan 78,79% sedangkan pada siklus III mencapai ketuntasan 93,94%. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika pada materi wujud zat dan pemuaiannya.

Kata kunci: aktivitas belajar, group investigation, hasil belajar siswa. 

----------

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DENGAN METODE PERCOBAAN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SITIHARJO, GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

PURWATI ZAENATUL MARCHAMAH, S.Pd. SD.
SD Negeri Sitiharjo, Garung, Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk (1) melalui penerapan metode percobaan dapat meningkatkan aktivtas belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang energy, (2) melalui penerapan metode percobaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA tentang energi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur, yang terdiri dari empat tahap yaitu (1) perencanaan (plan), (2) Pelaksanaan (action), (3) Observasi (observation), dan (4) Refleksi (reflection). Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa kelas III SD Negeri Sitiharjo pada pembelajaran IPA tentang energi dengan hasil pada siklus I sebesar 80,95% dan siklus II sebesar 95,24%, (2) terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Sitiharjo sehingga siswa dapat menguasai pembelajaran IPA tentang energi dengan hasil pada siklus I dengan ketuntasan sebesar 71.5% dan siklus II sebesar 100%.

Kata kunci: metode percobaan, aktivtas dan prestasi belajar, IPA tentang energi. 

----------

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SALAT FARDU MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS III SD NEGERI 10 WONOSOBO KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

SITI NGUMRIYATUN, S.Pd.I.
SD Negeri 10 Wonosobo, Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam tentang salat fardu melalui metode demonstrasi. Waktu penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2018/2019, tepatnya mulai bulan Pebruari hingga Mei 2019. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 10 Wonosobo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo. Berdasarkan hasil analisi data dapat diketahui bahwa pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 79.81, pada siklus II meningkat menjadi 89.06. Pada kondisi awal hanya 5 siswa atau 15.62% yang meraih ketuntasan, pada siklus I sebanyak 27 siswa atau 84.38% dan pada Siklus II sebanyak 32 siswa atau 100%. Dengan demikian metode demonstrasi sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang salat fardu pada siswa kelas III di SD Negeri 10 Wonosobo Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo semester 2 tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, salat fardu, metode demonstrasi. 

----------

PEMBIMBINGAN DAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI ANAK, PADA GURU TK MARDISIWI 3 SUKOWINANGUN KABUPATEN MAGETAN 

DARMIASTUTI, S.Pd.
TK Mardisiwi 3 Sukowinangun, Kabupaten Magetan

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah cara pelaksanaan metode pembelajaran inkuiri dan dampak yang ditimbulkan pada anak kelompok usia 4-5 tahun di TK Mardisiwi 3 sukowinangun Kab Magetan. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Tempat penelitian di TK Mardisiwi 3 Sukomoro Kab Magetan dengan jumlah 15 siswa. Teknik analisa data dengan cara analisis temuan, pengelompokkan data dan evaluasi kualitatif. Hasil penelitian ini, yaitu 1) Penerapan metode sentra pada kelompok usia 4-5 tahun di TK Mardisiwi 3 sukomoro Kab Magetan sudah sesuai dengan prosedur. Dalam pelaksanaannya guru memberikan kesempatan kepada anak untuk melakukan pengamatan, menggali informasi dari pengamatannya, menggambarkan hasil pengamatannya, mempresentasikan hasil dari pengamatan kepada guru dan menjawab pertanyaan yang dimunculkan guru. 2) Dampak yang ditimbulkan, anak semakin mandiri, disiplin, tanggung jawab dan percaya diri serta kreatif dalam berpikir karena anak dapat menggali pengalamannya sendiri.

Kata Kunci: metode inkuiri, percaya diri, PAUD 

----------

PERAN GURU MENCIPTAKAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN SEHAT MENUJU PRESTASI YANG MENINGKAT DI SMP NEGERI 1 PANEKAN

SUMARNI, M.Pd.
SMP Negeri 1 Panekan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Karya tulis ini bertujuan untuk mendeskrispikan tentang (1) cara menciptakan sekolah sehat, (2) peran guru dalam menciptakan sekolah sehat. (3) cara membangun budaya cinta lingkungan. Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah untuk menciptakan sekolah sehat. Secara sederhana mulai dari perencanaan, sosialisi, pelaksanaan, pendananan, pengawasan, dan penilaian secara aktif dan berkesinambungan. Secara keseluruhan, kebersihan dan keasrian sekolah adalah tanggung jawab bersama dari setiap warga sekolah. Selain membantu kepala sekolah menyusun program, guru berperan mensosialisasikan kepada seluruh warga sekolah, terutama para siswa. Para siswa adalah anggota masyarakat sekolah yang paling banyak. Oleh karena itu perlu sering mendapatkan penyuluhan dan sosialisasi. Hal ini agar mereka merasa ikut bertanggung jawab dalam menciptkan sekolah sehat. Selain guru dan siswa, pemeliharaan dan perwujudan lingkungan sekolah yang bersih sehat dan asri tidak lepas dari peran orang tua, swasta lembaga swadaya masyarakat maupun pemerintah. Kondisi demikian akan melahirkan siswa yang cerdas, bermutu, berwawasan lingkungan serta mampu menerapkan sikap cinta dan peduli lingkungannya di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

Kata kunci: peran guru, sekolah sehat, lingkungan sehat 

----------

MENGOPTIMALKAN HASIL PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS KD COMPLIMENTING AND SHOWING CARE MELALUI METODE AUTHENTIC ASSESMENT APPROACH LEARNING PADA SISWA KELAS X-IPA-6 SMAN 3 MAGETAN, SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

SUHARNI. S.Pd.
SMA Negeri 3 Magetan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas X-IPA-6 Semester Ganjil di SMA Negeri 3 Magetan, Kabupaten Magetan, tahun pelajaran 2017/2018. tentang materi pembelajaran dengan kompetensi dasar Complimenting and Showing Care melalui metode Authentic Assesment Approach Learning. Berdasarkan analisis data kualitatif dan profil tingkat pemahaman dengan hasil hasil prestasi belajar ditunjukkan melalui kegiatan siklus pada masing masing siklus. Pada Siklus I dari data hasil prestasi belajar siswa di atas secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 57,78 dengan ketuntasan 20% dari sejumlah 36 siswa. Dari data siklus II hasil prestasi belajar siswa di atas secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 66,67 dengan ketuntasan 64% dari sejumlah 36 siswa. Dari data siklus III hasil prestasi belajar siswa di atas secara rata rata hasil prestasi belajar siswa menunjukkan 81,95 dengan ketuntasan 100% dari sejumlah 36 siswa. Maka tidak perlu diadakan kegiatan pada siklus ke IV.

Kata Kunci: prestasi belajar Bahasa Inggris, metode authentic assesment approach learning 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH BINAAN DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN MELALUI LESSON STUDY PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

SUJONO, S.Pd., M.Pd.
Pengawas SMA, Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Pasuruan

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lesson Study dapat meningkatkan kemampuan guru sekolah binaan dalam mengelola pembelajaran, terutama membuka dan menutup pembelajaran. Penelitian dengan tindakan Lesson Study (LS) ini melibatkan guru-guru di 3 sekolah binaan sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Siklus 1 dan 2 dilaksanakan di masing-masing sekolah binaan tempat penelitian, sedang siklus 3 dilaksanakan bersama di salah satu sekolah binaan tempat penelitian dengan peserta guru-guru dari 3 sekolah binaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LS dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, khususnya dalam membuka dan menutup pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh perolehan skor pelaksanaan pembelajaran yang cenderung mengalami peningkatan dari siklus ke siklus, baik pada kegiatan pendahuluan maupun penutup. Data awal skor kegiatan pendahuluan 61,7 dan kegiatan penutup 61,7. Meningkat pada siklus 1, yakni 69,17 kegiatan pendahuluan, dan 71,85 kegiatan penutup. Pada siklus 2 menurun pada kegiatan pendahuluan menjadi 66,31, sedang kegiatan penutup meningkat menjadi 78,50. Terjadi peningkatan lagi pada siklus 3, bahkan peningkatannya cukup signifikan, yakni 91,88 kegiatan pendahuluan dan 92,19 kegiatan penutup.

Kata kunci: peningkatan, kemampuan, guru, membuka pembelajaran, menutup pembelajaran, Lesson Study (LS) 

----------

PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN SAMPAI DUA ANGKA DENGAN MEDIA NUMBER NECKLACE SISWA KELAS II SD NEGERI 2 JENGKOL SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

NARIMAH, S.Pd.SD.
SD Negeri 2 Jengkol, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah meningkatakan hasil belajar perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka melalui penggunaan number necklace. Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dan objek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 2 Jengkol Kecamatan Garung pada Semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Siswa yang dilibatkan dalam penelitian ini berjumlah 30 anak dengan perincian laki – laki 20 anak dan perempuan 10 anak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan number necklace dalam pembelajaran matematika tentang perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka sangat tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 2 Jengkol Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo. Pada kondisi awal, nilai rata-rata kelas mencapai 63,5; siswa yang tuntas belajar sebanyak 9 siswa dari 30 siswa atau 30%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas mencapai 73,17; siswa yang tuntas belajar meningkat dari 9 siswa menjadi 21 siswa atau meningkat 70%. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas mencapai 83,8; siswa yang tuntas belajar meningkat dari 21 siswa menjadi 29 siswa atau meningkat 96.6%.

Kata kunci: perkalian dan pembagian, bilangan dua angka, media number necklace. 

----------

MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HUBUNGAN ANTARSATUAN LUAS MELALUI BERMAIN TANGGA MANIK-MANIK DENGAN VARIASI APLIKASI MICROSOF POWER POINT PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 SIWURAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

DWI SUPRAPTININGTYAS, S.Pd. SD.
SD Negeri 2 Siwuran, Kec. Garung, Kab. Wonosobo

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam bermain media tangga manik-manik dengan variasi microsof power point dalam pembelajaran Matematika materi hubungan antarsatuan luas di kelas IV semester 2 SD Negeri Siwuran tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang merupakan perbaikan pembelajaran berdasarkan permasalahan yang dijumpai di kelas. Hasil analisis data membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan latihan soal, dengan pembelajaran setelah dikenai tindakan (pemanfaatan media tangga manik-manik dengan variasi aplikasi microsoft power point dalam pembelajaran matematika di kelas IV Semester 2 SD Negeri Siwuran). Pada siklus 1 nilai rata-rata 71,56 dengan ketuntasan 71,88% dan pada siklus II nilai rata-rata 81,41 dengan ketuntasan 96,88%.

Kata kunci: media tangga manik-manik, microsof power point, Matematika, hubungan antarsatuan luas 

----------

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN MATERI MEMAHAMI PELAKSANAAN OTONOMI DAERAH MELALUI METODE ”THINKPAIR-SHARE” SISWA KELAS IX.C SMP NEGERI 1 NGLAMES KAB. MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

Dra. KRISTINI WIDJAYANTI
SMP Negeri 1 Nglames, Kabupaten Madiun

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model cooperative learning dengan pendekatan struktural ”Think-Pair-Share” dalam meningkatkan ketuntasan belajar mata pelajaran PKn pada standar kompetensi memahami pelaksanaan otonomi daerah siswa kelas IX.C SMP Negeri 1 Nglames Kab. Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari data siklus I diketahui nilai rata-rata kelas mencapai 71,25 dengan ketuntasan 40% pada KKM 75. Dari data siklus II diketahui nilai rata-rata kelas mencapai 81,25 dengan ketuntasan 100% pada KKM 75.

Kata kunci: memahami pelaksanaan otonomi daerah, Metode ”Think-Pair-Share” 

----------

PENINGKATAN KEMAMPUAN MELAKUKAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN DATA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING COMMUNITY PADA SISWA KELAS IX-E SMP NEGERI 1 NGLAMES KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

Dra. ENY SUPRIHATIN
SMP Negeri 1 Nglames, Kabupaten Madiun

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan melakukan pengolahan dan penyajian data melalui model pembelajaran kooperatif learning community siswa kelas IX-E SMP Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian tindakan. Peneliti terlibat langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai penelitian berakhir. Peneliti berusaha melihat, mengamati, merasakan, menghayati, merefleksi dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang berlangsung. Tahap-tahap pelaksanaan penelitian tindakan terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (obseving), dan refleksi (relecting). Untuk mendapatkan hasil penelitian yang akurat maka data yang telah terkumpul dianalisis secara statistik yaitu mengunakan rumus mean atau rata-rata. Dari data siklus I diketahui nilai rata-rata kelas mencapai 58,62 dengan ketuntasan 37,93% pada KKM 65. Pada siklus II meningkat, nilai rata-rata kelas mencapai 71,21 dengan ketuntasan 100% pada KKM 65. Tingkat motivasi belajar siswa siklus I pada lima aspek mencapai skor rata-rata 2,4 pada skor maksimal 4 pada tingkat 60% dengan kategori cukup baik. Pada siklus II motivasi meningkat, mencapai skor rata-rata 2,86 pada skor maksimal 4 pada tingkat 71,5% dengan kategori baik.

Kata Kunci: pengolahan dan penyajian data, Kooperatif Learning Community 

----------

IMPLEMENTASI DAN PENGUATAN KURIKULUM MUATAN LOKAL BAHASA JAWA DI KELAS X MIPA 4 SMA NEGERI 3 MAGETAN 

SHANTI ROCHMATIN, S.Pd.
SMA Negeri 3 Magetan, Kabupaten Magetan

Abstrak: Tujuan karya ilmiah ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan yang dilakukan guru dalam melaksanakan pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa di SMA Negeri 3 Magetan. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran muatan lokal Bahasa Jawa di SMA Negeri 3 Magetan. Pertama, kegiatan pembelajaran yang baik senantiasa bertolak dari rencana yang matang. Perencanaan pembelajaran disusun oleh guru sebelum pelalaanaan kcgiatan pembelajaran. Dalamhal ini yang ternnasuk dalam perencanaan pembelajaran antara lain: (1) Perencanaan pengajaran harian, (2) Merumuskan tujuan pembelaran sesuai dengan kurikulum. (3) Merencanakan metode pembelajaran yang akan digunakan. (4) Merencanakan balikan dan bentuk balikan. Pelaksanaan pembeljaran Bahasa Jawa di SMA Negeri 3 Magetan. berdasarkan hasil wawancara terhadap 3 orang siswa dan hasil observasi terhadap kegiatan belajar mengajar bahasa Jawa adalah sebagai berikut. (1) Memilih dan menggunakan jenis bahasa pengantar yang baik. (2) Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik. (3) Melakukan apersepsi dan membuat kaitan antar materi. (4) Bahan kajian dalam pembelajaran bahasa jawa. (5) Motivasi belajar peserta didik berkaitan dengan ketersediaan media. (6) Membuat kesimpulan setiap akhir kegiatan belajar mengajar. (7) Mengevaluasi dan mendata kesulitan peserta didik dalam belajar bahasa Jawa.

Kata kunci: implementasi dan penguatan, kurikulum muatan local, bahasa Jawa

----------

Bagi anda yang ingin mengunduh atau download soft copy (file) jurnal ataupun memesan jurnal (cetak) silahkan hubungi kontak kami. Bagi anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.

Klik ikon pada bagian pojok kanan atas file pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).


Bagikan

Previous
Next Post »