Jurnal Refleksi Pendidikan Vol. 5, No. 3, Th. 2019

Jurnal Refleksi Pendidikan Vol. 5, No. 3, Th. 2019

File PDF jurnal lengkap dapat dilihat di akhir artikel.

----------

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIKIH MELALUI METODE CARD SORT DI KELAS XI IPS MADRASAH ALIYAH NEGERI MANSALEAN 

NASRIN S. LASINTA, S.Ag.
MAN Mansalean, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode Card Sort dalam mata pelajaran Fikih. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri.Mansalean pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan test dan non test, alat pengumpul data berupa lembar tugas, lembar post test, dan lembar pengamatan baik oleh guru terhadap siswa maupun terhadap guru oleh kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari beberapa aspek yang diamati. Pertama, prestasi belajar siswa, nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 71.67 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 72.22% dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 79,72 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal mencapai 94.44%. Kedua, aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I persentase aktivitas peserta didik hanya 67.86% dan pada siklus II meningkat menjadi 89.23%. Hal ini berarti batas minimal aktivitas peserta didik yang diharapkan sebesar 75% sudah terpenuhi.

Kata kunci: hasil belajar, metode Card Sort, fikih mawaris. 

----------

MENINGKATKAN KETANGKASAN DAN KECEPATAN SMASH DALAM OLAHRAGA BULU TANGKIS MELALUI LATIHAN PENGUASAAN PUKULAN DI KELAS VI SD NEGERI MAYANGKAWIS I KECAMATAN BALEN KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

DJUHARI, S.Pd.
SD Negeri Mayangkawis I, Kecamatan Balen, Kab. Bojonegoro

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi ketangkasan dan kecepatan smash dalam bulu tangkis melalui latihan teknik pukulan pada siswa di kelas VI SD Negeri Mayangkawis I Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Yang paling penting untuk di perhatikan mengenai pukulan dalam permainan bulu tangkis adalah pada saat gerakan permulaan dan penyelesaian akhir. Pada gerakan permulaan yang perlu di perhatikan adalah posisi tubuh dan kaki pada saat akan melakukan pukulan. Sedangkan pada penyelesaian akhir, hendaknya menggunakan pergelangan tangan untuk memukul bola sehingga kecepatan, ketajaman dan arah bola sesual dengan keinginan dan kebutuhan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa dapat dilihat pada histogram diatas prestasi belajar siswi pada pra siklus adalah: 57,8 (rendah), pada siklus I terjadi meningkatan yaitu: 68,5 (cukup), pada siklus II menjadi: 87,8 (baik). Upaya untuk meningkatkan kemampuan menggiring bola dan prestasi belajar olahraga siswa tentunya tidak berakhir sampai penelitian ini selesai akan tetapi akan berusaha dengan memperbaiki taktik dan tehnik yang variatif dan menarik untuk mengoptimalkan kemampuan siswa dalam permainan olahraga bulu tangkis.

Kata kunci: ketangkasan dan kecepatan smash, latihan penguasaan pukulan. 

----------

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING BAGI SISWA KELAS X AK 1 SMKS KORPRI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

Dra. HJ. LINDAYENI
SMKS KORPRI Duri, Kab. Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Sejarah berperan penting dalam membentuk identitas dan kepribadian bangsa. Pembelajaran sejarah pada hakikatnya merupakan salah satu sumber pengetahuan, Sejarah dapat diajarkan kepada generasi muda hal-hal baik dan buruk, nilai kepahlawan, dan sebagainya. Guru harus memiliki kemampuan mengaplikasikan berbagai teori belajar dan berbagai pengajaran kemampuan memilih dan menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan efisien, kemampuan melibatkan siswa berpartisipasi aktif dan kemampuan membuat suasana belajar yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, hasil belajar dan perubahan perilaku positif dalam pembelajaran Sejarah materi masa pendudukan Jepang di Indonesia siswa kelas XI-IS 3 SMKS KORPRI dengan penerapan model discovery learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil penilaian menunjukan peningkatan hasil pembelajaran Sejarah di kelas X AK 1 yaitu evaluasi pada siklus 1 kelas X IPS 3 yang berjumlah 38 siswa yang tuntas belajar adalah 28 siswa (74%) sedangkan yang tidak tuntas 10 siswa (26%) sedangkan evaluasi pada siklus 2 tuntas 87% atau sebanyak 33 sisiwa tuntas. Nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 74,61 dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 80,00. Berarti melalui model pembelajaran discovery mampu meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan afektif.Pembelajaran model discovery learning berpengaruh positif, pada perubahan perilaku dengan meningkatnya keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran, hal ini ditunjukan skor hasil pengamatan keaktifan meningkat 68 menjadi 80 sehinggga keaktifan siswa meningkat dari kategori cukup aktif menjadi aktif. Simpulan dari penelitian ini adalah: kualitas pembelajaran menunjukan proses perbaikan dengan ditunjukan skor keaktifan hasil pengamatan meningkat dari siklus 1 ke siklus 2, yaitu dari 72% dengan kategori cukup baik menjadi 80% dengan kategori baik.

Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah 

----------

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS V SDN 4 BUKIT BATU KAB. BENGKALIS SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018-2019 

MASDIANA, S.Pd.I.
SD Negeri 4 Bukit Batu, Kab. Bengkalis, Riau

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran cooperative learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas V SDN 4 Bukit Batu Kab. Bengkalis Semester II Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 22. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif, yaitu membandingkan setiap hasil tes persiklus. Hasil perbaikan pembelajaran dengan PTK ini adalah hasil perolehan nilai rata-rata siswa dalam pembelajaran PAI selalu mengalami peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu 37% (siklus I) ; 81% (siklus II) ; 95% (siklus III).

Kata kunci: Model pembelajaran cooperative learning, kualitas pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

----------

TINDAKAN APLIKATIF SUPERVISI KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 MEJAYAN KABUPATEN MADIUN TERHADAP PENGARAHAN AKADEMIK PEMBELAJARAN MODEL BERFIKIR, MENULIS DAN DISKUSI TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

Dra. IRIANI TAKARIA, M.Pd
SMP Negeri 4 Mejayan, Kabupaten Madiun

Abstrak: Penelitian tindakan sekolah tentang pembinaan konsepsi pembelajaran model BMD ini bertujuan untuk peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran. PTS yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran dengan menggunakan model BMD memiliki dampak positif dalam meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Mejayan Kabupaten Madiun Propinsi Jawa Timur Pada Semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. (2) Penerapan metode pembelajaran BMD mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Mejayan Kabupaten Madiun Propinsi Jawa Timur Pada Semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018. yang ditunjukan dengan hasil wawancara dengan beberapa siswa, rata-rata jawaban menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode pembelajaran sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar. Dengan memperhatkan empat aspek yang dinilai, yaitu (1) perlengakapan dalam mengajar, (2) rencana pelaksanaan pembelajaran, (3) penguasaan materi dalam mengajar, (4) penguasaan kelas, pada siklus I nilai rata-rata guru dalam pembelajaran mencapai 71,75 dengan tingkat ketuntasan 55% pada KKM 70. Pada siklus II nilai ratarata guru dalam pembelajaran mencapai 91,25 dengan tingkat ketuntasan 100% pada KKM 75.

Kata Kunci: pembelajaran model berfikir, menulis dan berdiskusi 

----------

PEMANFAATAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS V SDN PADANGMENTOYO, KAPAS, KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

SUCIATI, S.Pd. SDN Padangmentoyo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan bermain peran sebagai metode pembelajaran PKn dalam mengoptimalkan aktivitas dan hasil prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri Padangmentoyo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019.Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Padangmentoyo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Sebagai obyek penelitian diambil siswa kelas V dengan jumlah siswa 10 siswa, dengan tingkat kemampuan siswa yang heterogen. Di sekolah ini guru kelas dan kepala sekolah, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai dengan bulan September tahun 2018. Fokus materi PKN pada peraturan perundang-undangan Pemberian metode Bermain Peran pada pengajaran PKn dapat berjalan dengan baik, hal itu dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dan prosentasi keberhasilan penelitian, nilai rata–rata yang diperoleh siswa sebelum penelitian adalah sebesar: 59,0 (rendah), siklus 1 sebesar: 67,0 dan siklus 2 sebesar: 88,0 (baik). Pada akhir pembahasan ini, berdasarkan hasil nilai penelitian maka peneliti dapat meningkatkan hasil ketuntasan siswa dalam pembelajaran PKn.

Kata Kunci: metode bermain peran, aktivitas dan prestasi belajar, PKn, peraturan perundang-undangan

----------

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN SENAM KETANGKASAN MELALUI TEKNIK HEADSTAND PADA SISWA KELAS III SD NEGERI TANJUNGHARJO IV, KAPAS, KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

TRI LARAS SUPRIHATIN, S.Pd.
SD Negeri Tanjungharjo IV, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan teknik Headstand dalam meningkatkan hasil belajar dan ketangkasan olahraga senam ketangkasan di kelas III semester II SD Negeri Tanjungharjo IV Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tanjungharjo IV Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Sebagai subjek penelitian diambil siswa kelas III dengan jumlah siswa 29 siswa, dengan tingkat kemampuan siswa yang heterogen. Di sekolah ini guru peneliti mengajar Penjaskes, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret tahun 2019. Hasil yang diraih para siswa disetiap siklusnya adalah pada sebelum siklus mendapatkan nilai: 56,8 (rendah). Penilaian gerakan siswa meliputi aspek permainan, aktivitas pengembangan, uji diri, dan gerakan ritmik. Pada siklus I nilai ratarata kelas mencapai 66,8 dengan tingkat ketuntasan 55,2% pada KKM 70. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 86,5 dengan tingkat ketuntasan 100% pada KKM 70. Aktivitas siswa secara rata-rata dalam kategori baik.

Kata kunci: senam ketangkasan, teknik headstand 

----------

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SIMULASI DAN ALAT PERAGA KONGKRIT PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI POKOK DOKUMEN DIRI DAN KELUARGA SISWA KELAS II SDN 13 RUPAT KECAMATAN RUPAT, BENGKALIS SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

KASMIYEM, S.Pd.SD.
SDN 13 Rupat, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Prov. Riau

Abstrak: Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Simulasi dan Alat Peraga Kongkrit Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Dokumen Diri dan Keluarga Siswa Kelas II Semester I SDN 13 Rupat Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakskanakan dalam bantuk siklus. Hasil perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dapat disimpulkan bahwa: “Penerapan Metode Simulasi dan Alat Peraga Kongkrit Pada Mata Pelajaran IPS Materi Pokok Dokumen Diri dan Keluarga Siswa Kelas II Semester I SDN 13 Rupat Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis Tahun Pelajaran 2018/2019“. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan prosentase ketuntasan siswa pada pra siklus dan siklus 1 dan siklus II. Hal ini dapat diketahui dari tingkat ketuntasan klasikal yang mencapai 75% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 64. Dengan menerapkan metode simulasi, perbaikan pembelajaran siklus II ternyata dapat berhasil. Hal ini dapat diketahui dari tingkat ketuntasan klasikal yang mencapai 90% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 81.

Kata kunci: hasil belajar, metode simulasi, alat peraga kongkrit. 

----------

MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG FPB DAN KPK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK BAGI SISWA KELAS V SDN 13 RUPAT, KEC. RUPAT, BENGKALIS PADA SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018 

HAZIZAH, S.Pd.SD.
SDN 13 Rupat, Kec. Rupat, Kab. Bengkalis, Provinsi Riau

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika tentang FPB dan KPK melalui kerja kelompok bagi siswa kelas V SDN 13 Rupat Kec. Rupat Kab. Bengkalis pada semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Tempat penelitian tindakan kelas ini adalah SDN 13 Rupat Kec. Rupat Kab. Bengkalis karena sekolah tersebut merupakan peneliti mengjar setiap harinya,dengan mengambil waktu pada semester II tahun pelajaran 2017/2018. Adapun objek penelitian adalah siswa kelas V SDN 13 Rupat Kec. Rupat Kab. Bengkalis yang berjumlah 43 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas,dalam pelaksanaannya dua kali tindakan dalam dua siklus yang dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan,yaitu tahapan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan sesuai yang direncanakan (acting), pengamatan terhadap tindakan yang dilaksanakan (observing),dan tahap refleksi (reflecting). Sebagai bahan analisis data dalam penelitian ini adalah hasil ulangan siswa pada saat kondisi awal, siklus I dan siklus II untuk dibandingkan yang dilanjutkan dengan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini kegiatan pembelajaran Matematika melalui pengunaan teknik kerja kelompok dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar Matematika tentang FPB dan KPK bagi siswa SDN 13 Rupat Kec. Rupat Kab. Bengkalis pada semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa mencapai 55,6 dengan tingkat ketuntasan 58,4%, pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 63,2 dengan tingkat ketuntasan 72,4%, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 66,8 dengan tingkat ketuntasan 85,7%.

Kata kunci: kretivitas dan hasil belajar matematika. metode kerja kelompok. 

----------

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn POKOK BAHASAN PEMILU DAN PILKADA MELALUI PENDEKATAN QUIZ KELOMPOK DI KELAS VI SDN BOGO, KEC. KAPAS, KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

HIDAYAT, S.Pd.I.
SD Negeri Bogo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan metode Quiz Kelompok dalam merangsang minat belajar dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI pada pelajaran PKn di SD Negeri Bogo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Bogo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019 pada siswa kelas VI semester I, dimulai pada bulan Oktober sampai bulan Nopember tahun 2018 yang jumlah siswanya adalah 26 anak, materi yang dipelajari PKn. Pada penelitian ini prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diadakan proses belajar mengajar. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus 1 adalah: 58,1 (rendah) dengan ketuntasan 27%, pada siklus 2 adalah: 68,1 (cukup) dengan ketuntasan 54%, dan pada siklus 3 adalah: 87,3 (baik) dengan ketuntasan 100% pada KKM 70. Dari sini penulis dapat simpulkan bahwa pengajaran dengan menggunakan strategi Quiz Kelompok dapat membantu guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya di SD Negeri Bogo Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: minat, hasil belajar, sistem pemilu dan pilkada, quiz kelompok. 

----------

PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING DENGAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR LINGKUNGAN BERSIH SEHAT DAN ASRI PADA SISWA KELAS 1 SEMESTER 2 SD NEGERI 1 JENGKOL KECAMATAN GARUNG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

YAYAN ROKHANI, S.Pd.
SD Negeri 1 Jengkol Kecamatan Garung Kabupaten Wonosobo

Abstrak: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dan hasil belajar Tema 6 Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. Rumusan masalah dari penelitian ini apakah penerapan Strategi Cooperative Learning dengan Model Example Non Examples dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Jengkol semester 2 tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD Negeri 1 Jengkol Kecamatan Garung Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian 21 siswa terdiri dari laki-laki 14 siswa dan perempuan 7 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode tes. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada siklus 1: minat belajar 7 siswa atau 33% kategori tinggi, minat belajar 12 siswa atau 57% kategori sedang. Hasil belajar rata-rata 73,57 dengan ketuntasan belajar 48%. Siklus 2: minat belajar 20 siswa atau 95% kategori tinggi, minat belajar 1 siswa atau 5% kategori sedang. Hasil belajar rata-rata 88,33 dengan ketuntasan belajar 90%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Cooperative Learning dengan Model Example Non Examples dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa

Kata kunci: minat, hasil belajar, cooperative learning, example non examples 

----------

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATERI POKOK TEKS LISAN DAN TULIS UNTUK MENANYAKAN DAN MENYATAKAN SIFAT ORANG, BINATANG, DAN BENDA DENGAN TEKNIK SQ3R (SURVEY-QUESTION-READ-RECITE-REVIEW) SISWA KELAS VII.E MTs NEGERI 6 KABUPATEN MADIUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 

Drs. BUDI WIYONO
MTs Negeri 6 Kabupaten Madiun, Jawa Timur

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan kemampuan materi pokok teks lisan dan tulis untuk menanyakan dan menyatakan sifat orang, binatang, dan benda dengan teknik membaca SQ3R (Survey-question-read-recite-review) siswa kelas VII.E MTs Negeri 6 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Proses pelaksanaan tindakan kelas melalui empat tahap dalam 3 siklus mulai dari (1) perencanaan (planning), (2) tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Hasil analisis data menunjukkan bahwa Pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 63,28 dengan ketuntasan 37,93%. Pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 74,31 dengan ketuntasan 73,33%, Pada siklus III nilai ratarata kelas mencapai 83,28 dengan ketuntasan 100% pada KKM 70.

Kata kunci: teks lisan dan tulis, menyatakan sifat , teknik membaca SQ3R

----------

Bagi anda yang ingin mengunduh atau download soft copy (file) jurnal ataupun memesan jurnal (cetak) silahkan hubungi kontak kami. Bagi anda yang berminat agar artikel, karya ilmiah, atau PTK dimuat di jurnal kami, silahkan klik tautan berikut.

Klik ikon pada bagian pojok kanan atas file pdf untuk membuka tampilan penuh (fullscreen).


Bagikan

Latest
Previous
Next Post »